Inilah Fakta Yang Menakjubkan Seputar Bayi Baru Lahir !

Pertanggungan bagi bayi baru lahir, memang topik menarik sejak awal JKN. Saat dimulainya JKN 1 Januari 2014, baik Permenkes 69/2013 tentang Tarif INA-CBGs maupun Permenkes seventy one/2013 tentang Pelaksanaan JKN, tidak ada klausul yang khusus membahas pertanggungan bagi bayi baru lahir. Jadi masuk dalam aturan umum: Pertanggungan diberikan atas dasar INDIKASI Medis.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa bayi baru lahir normal adalah bayi yang lahir dengan berat lahir antara 2500 – 4000 gram, cukup bulan, lahir langsung menangis, dan tidak ada kelainan kongenital (cacat bawaan) yang berat. Bayi yang baru lahir normal tidak hanya normal pada saat dia baru lahir saja tetapi juga memiliki keadaan yang normal setelah dia keluar dari rahim, diantaranya adalah frekuensi jantungnya, pernafasannya, reflex-refleks yang harus ada pada bayi baru lahir normal, dll.

Cara merawat bayi yang baru lahir agar sehat itu sebenarnya mudah bahkan dalam pandangan islam sudah dijelaskan sangat detail bagaimana proses Sejak persalinan sampai dengan bayi tumbuh dewasa. Ada Banyak tips yang baik Untuk ibu hamil dan wanita yang baru saja melahirkan termasuk dalam proses pembersihan, pemandian dan segala perawatan tentang bayi anda merawat bayi yang sudah lima atau tujuh bulan tentu tidak terlalu rawan lagi Ini Sangat Berbeda Dengan bayi yang baru saja lahir selain lebih mungi danl kecil kita Juga memerlukan perawatan yang further agar anak kita itu bisa tumbuh dengan normal tanpa ada Gangguan yang disebabkan oleh kesalahan seorang ibu atau siapapun dalam proses perawatan masa kini.Semoga Cara perawatan bayi baru lahir menurut pandangan islam ini bisa sedikit membantu bagi anda yang memang membutuhkan ilmu baru tentang dunia perawatan bayi kecil.

Postur regular bayi baru lahir dalam keadaan istirahat adalah kepalan tangan longgar, dengan lengan, panggul dan lutut semi fleksi. Pada bayi dengan letak sungsang selama masa kehamilan, akan mengalami fleksi penuh pada sendi panggul dan lutut atau sendi lutut ekstensi penuh, sehingga kaki bisa dalam berbagai posisi sesuai bayi intrauterin. Jika kaki dapat diposisikan dalam posisi regular tanpa kesulitan, maka tida dibutuhkan terapi. Gerakan ekstremitas bayi harus secara spontan dan simetris disertai gerakan sendi penuh. Bayi normal dapat sedikit gemetar.

Itulah step-by-step perkembangan janin dalam kandungan si ibu. Mudah-mudahan atikel diatas bisa menjawab sedikit rasa penasaran ibu tentang perkembangan janin dan bisa menambah pengetahuan dan wawasan ibu. Artikel tentang bayi baru lahir , cici-ciri bayi regular , cara perawatan tali pusat , pemilihan nama bayi , dan lain sebagainya dapat anda baca di weblog ini juga. Semoga bermanfaat.

Iklan

Yang Harus Dilakukan Saat Bayi Demam Tinggi

yang-harus-dilakukan-saat-bayi-demam-tinggi

Yang Harus Dilakukan Saat Bayi Demam Tinggi  – Memiliki bayi memang merupakan hal yang sangat menyenangkan dan pasti diinginkan oleh setiap pasangan suami isteri, tapi rasa senang itu bisa saja berubah jika bayi kita mengalami sakit demam yang membuatnya terlihat lesu. Hal ini wajar, sebab bayi biasanya memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna, tidak seperti orang dewasa, mengalami sakit yang ringan saja bayi membutuhkan perawatan yang spesial, apalagi jika bayi mengalami demam  yang tinggi. Bayi yang mengalami demam tinggi bisa mejadi suatu tanda yang cukup menakutkan untuk orang tua, apalagi saat bayi mengalami demam tinggi ia masih berumur belum 1 minggu. Biasanya orang tua yang belum terbiasa dengan ini akan merasa panik.

Demam yang terjadi pada bayi itu bukan hanya penyakit namun juga bisa menjadi tanda-tanda dari suatu penyakit lainya. Pada umumnya jika bayi Anda mengalami demam, itu bisa berarti bayi Anda sedang terinfeksi virus flu ataupun yang lainya.  Satu diantara sinyal yang umum dari demam ialah dahi bayi yang akan teras panas. Anda harus mewaspadai hal ini. Beberapa gejala lainya yang terkait dengan bayi yang mengalami demam tinggi di antaranya ialah bayi  tak bisa tidur dengan nyenyak, nafsu makan yang berkurang, tidak mau bermain, bayi merasa lesu dan bayi kejang kejang. Suhu normal bayi berkisar antara 97 derajat Fahrenheit hingga 100, 3 derajat Fahrenheit. Anda harus menghubungi dokter jika bayi anda mengalami demam tinggi dan berumur di bawah 1 bulan.

Untuk bayi yang berumur lebih dari 1 bulan, ada beberapa cara sederhana  Yang Harus Dilakukan Saat Bayi Demam Tinggi. Berikanlah bayi Anda cairan agar terhindar dari dehidrasi. Cairan dapat dari susu formula, larutan elektrolit, air susu ibu ataupun air tergantung pada usia bayi. Bayi yang mengalami dehidrasi biasanya popoknya tidak terlalu basah, tak mengeluarkan air mata ketika menangis atau mulutnya kering. Jika dokter menyampaikan itu tidak masalah, Anda dapat memberikan bayi anda Tylenol ataupun ibuprofen.

Janganlah memberikan bayi aspirin untuk bayi yang mengalami demam tinggi sebab ada beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi. Jangan memberikan bayi dibawah umur 6 bulan dengan Motrin, Advil ataupun obat-obatan lain yang mempunyai kandungan ibuprofen. Sebaiknya tanyakanlah kepada dokter Anda tentang dosis dan membaca panduan obat didalamnya sebelum memutuskan memberikan bayi Anda obat penurun panas. Bila Anda tak berhasil mengatasi demam tinggi yang dialami bayi anda atau keadaanya malah memburuk, sebaiknya segera hubungi Dokter terdekat untuk memperoleh pertolongan yang lebih intensif dan cepat. Itulah hal-hal Yang Harus Dilakukan Saat Bayi Demam Tinggi